top of page
  • projectuniverse5

Kultum Keutamaan Surah Al-Mulk

Penulis ; Admin Binta 4




https://animasi-gambar-kartun-lucu.blogspot.com/2018/10/20-koleski-terbaru-gambar-kartun-cowok.html



Assalamualaikum wr.wb.


Pertama tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT. Karna telah diberikan rahmat taufik,hidayah,dan inayahnya kepada kita semua . sehingga kita dapat berkumpul pada sore hari ini dala keadaan sehat wal’afiat

Sholawat dan salam kita hanturkan kepada junjungan nabi Muhammad SAW. Beserta keluarga, sahabat , dan para pengikutnya hingga yaumil qiyamah nanyi.

Pada kesempatan kali ini saya akan membawakan kultum yang berjudul keutamaan surat al-Mulk

Surat al mulk diambil dari kata al-mulk yang artinya adalah keajaan atau kekuasaan. surat al-mulk diturunkan setelah surat at-tur. Surat al mulk termasuk ke golongan makkiyah karena diturunkan di kota mekkah.

Surat al mulk dianjurkan untuk dibaca pada saat malam hari , karena surat ini mengandung makna tentang kekuasaan allah dalam penciptaan dunia

Surat al mulk juga memiliki keutamaan , yaitu :

1. Memproleh syafaat dan diampuni dosanya

Pastinya kita sebagai manusia memiliki dosa . baik nerupa dosa besar atau dosa kecil , saat kita membaca surat al mulk setiap malam , dosa kita akan diampuni oleh allah SWT tak terkecuali dosa yang besar , dan Allah SWT akan memberikan syafaat atau pertolongan melalui perantara nabi Muhammad SAW.

2. Menjadi penghalang dari siksa kubur

seperti yang dijelaskan oleh Abdullah bis mas’ud “barang siapa yang membaca surat al mulk setiap malam , maka allah akan menghalanginya dari siksa kubur,kami dimana rasulullah SAW. Menanamkan surat tersebut “al mani’ah” (penghalang siksa kubur) dia adalah salah satu surat di kitabullah. Barang siapa yang membacanya setiap malam, makai a telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan”

3. Menjadi pembela pada orang yang membacanya di akhirat hingga ia masuk surga

Di saat kita setiap malam sering membaca al-mulk , al mulk akan membela dan membantu kita saat di tanyakan di alam kubur nanti . Dengan cara memberi jawaban atas pertanyaan di alam kubur.

4. Termasuk surah yang dibaca nabi menjelang tidur

Rasulullah SAW bersabda “ satu surat dalam al-quran yang hanya (terdiri dari) 30 ayat akan membela orang yang selalu membacanya(di hadapan Allah SWT) sehingga dia di masukkan ke dalam surga.


Subhanallah , banyak sekali ternyata keistimewaan al mulk yang bisa kita pelajari . sungguh Allah SWT sangat mencintai terhadap orang yang beriman kepadanya . semoga kita semua dapat menerapkan keistimewaan dari al mulk dan bisa dilakukan setiap menjelang tidur.


Sekian dari kultum yang bisa saya sampaikan hari ini , kurang lebihnya mohon maaf

Wassalamualaikum wr.wb

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page